Wednesday, June 18, 2014

Masalah Token Bank Error "Lock New Pin Conf"

Tak dapat disangkal lagi keberadaan benda kecil ini sekarang sangat diperlukan bagi yang sering melakukan transaksi perbankan melaui internet banking. Apalagi yang rutin melakukan transaksi non tunai tentunya alat yang disebut sebagai token ini sangat vital sebagai alat verifikasi dan authorisasi transaksi yang dilakukan. Kalau tidak maka transaksi harus dilakukan via ATM atau teller bank bersangkutan.

Seperti token yang saya miliki sejak lama sekitar tahun 2006. Ketika itu saya mendapatkan secara gratis sebagai promosi karena bank tersebut baru mulai mengembangkan jaringan internet banking-nya. Jadi saya dikirimi surat untuk mengambil alat tersebut di kantor cabangnya. Namun saya baru aktif registrasi menggunakan fasilitas internet bankingnya beberapa tahun kemudian setelah dirasa semakin solid jaringan IT nya dan rutinitas menyelesaikan transaksi bulanan rumah tangga Non Tunai setelah menikah (jadi bapak rumah tangga yang baik ceritanya). Lebih praktis ketimbang bolak balik ke ATM

Namun di awal Juni 2014 token saya tiba-tiba menunjukkan indikator Batt 3. Kemudian kadang berselang Batt 0. Tapi masih bisa dipakai untuk mengenerate PIN guna menyelesaikan beberapa transaksi. Sampai akhirnya selama beberapa hari tidak saya pakai kemudian pas butuh dan saya nyalakan... Lho kok muncul 00000000 (0 sebanyak 8 digit) dan LOCK NEW PIN CONF. Setelah itu tidak bisa di apa-apakan lagi. Padahal biasa input PIN untuk ke menu APLI





Solusinya... sudah jelas saya langsung mengunjungi cabang Bank terdekat. Ibu CS yang ramah melayani saya dan mengatakan bahwa memang token saya bermasalah mungkin karena faktor usia pemakaian juga, setelah saya informasikan berapa lama token tersebut saya pakai. Kemudian, tidak pakai lama, laporan ganti token dibuat dan saya diberi token pengganti baru. Kemudian diminta aktivasi token di internet banking untuk sinkron ulang, minimal 12 jam setelah laporan blokir token yang bermasalah dibuat (tapi saya putuskan untuk 24 jam saja karena memang tidak ada hal urgent). Dan syukurlah free of charge untuk penggantian token ini.

Ibu CS berpesan apabila dilain waktu ada pesan batt 0, sekedar menunjukkan indikasi baterai token telah lemah. Dan sebaiknya langsung ke cabang bank terdekat untuk dilakukan penggantian token. Disamping itu seperti masalah token PIN SALAH/TERBLOKIR bisa juga dilayani.

Setelah mengganti PIN default token dengan PIN yang baru sukses menunjukkan token berfungsi. Siap lagi melakukan transaksi finansial melalui internet banking. Hanya saja pastikan ketersediaan dana yang cukup kalau error karena dana kurang pastinya bukan menjadi kesalah bank... HEHEHEHE :)