Salah satu alasan saya ketika membeli TAB dengan selektif
memilih berdasarkan merk adalah masalah ketahanan/keawetan dan jaringan after
sales service-nya. Apabila (diharapkan sih) ketika mengalami kerusakan maka
dengan cepat bisa ditangani oleh service centre resmi. Dan setelah mereview
dari Googling kisah-kisah produk tab yang kebanyakan merk Cina (yg sesuai
kemampuan kantong saya), maka pilihan saya mantap ke Lenovo Tab A1000,meski
sama-sama produk China tapi nama yang lekat/identik dengan IBM
Bulan Oktober 2013 dipinang dng cicilan 0% 6X, dari sisi
penggunaan saya cukup puas. Meski kadang terkendala dengan bug internal storage
yg limited dan solusi adalah upgrade firmware, saya cukup enjoy dengan masalah
ini dan tidak melakukan upgrade maupun rooting. Pemakaian hanya sebatas
browsing, membuat catatan kecil, akses email dan aktivitas anak main games dan
putar film. Kondisi TAB dalam covernya tidak pernah jatuh atau terbentur benda
keras. Just normal tear and wear (iyalah yang namanya barang mobile masak ga
bisa kena benturan ringan)
April 2014, lepas dari cicilan plus 2 bulan, akhir Juni 2014
tiba-tiba saja OOPS muncul 1 line kuning memanjang kiri-kanan di bagian bawah
layar. What.. apa-apaan ini, baru 8 bulan pakai ternyata layar LCD kok sudah
bermasalah gini, menggaris/dead pixel ? Sebeginikah kualitas TAB buatan Lenovo
atau memang tidak bisa dipungkiri lagi saya telah menjadi korban dari apa yang
namanya kerusakan barang elektronik yang tidak terduga, dan kenanya juga pas di
bagian LCD, 1 dari sekian pengguna yang LCDnya langsung bergaris. Entahlah…. Jengkel rasanya.
Sedikit kekuatiran karena untuk service mau tidak mau harus
meninggalkan TAB ini sampai berapa lama, mengingat untuk produk yang diservice di daerah ternyata banyak yang harus sampai
di kirim ke Jakarta dan bisa bulanan waktu perbaikan. Belum lagi service centre
yang susah di follow up baik teknisi maupun CSnya. Terus mengenai data-data dan program yang ada, ya
memang kebanyakan data-data games sih, tapi butuh perjuangan lama kan untuk
menyelesaikan games tsb. Sedang installer program untungnya semua di removable
memory. Tapi, unit masih kondisi garansi dan harus segera diperbaiki sebelum
kerusakan semakin parah dan ujung-ujungnya klo garansi habis malah nangis deh….
Isenk-isenk browsing untuk cari service centre Lenovo di Surabaya. Ketemu site
ini INFO AUTHORIZED SERVICE CENTRE LENOVO, WOW ternyata Lenovo baru membuka service centre resminya di Jl. Kartini
123A Surabaya. Segera saya telpon dan tanyakan ternyata untuk unit TAB A1000
dikerjakan di Surabaya dan hanya menunggu part dari Jakarta. Diminta juga untuk
membawa bukti/nota asli pembelian. Sipp, tidak ada masalah
Kamis, 26 Juni
Segera saya
memantapkan hati ke service centre tersebut. Sebelumnya usaha awal
mengamankan aplikasi adalah menginstall Lock App, program pengunci aplikasi
supaya tidak bisa dibuka sembarang orang. Harapannya sih kan yang rusak layar
jdi lepas LCD tanpa perlu penghapusan/reset data. Di sana dilayani sama
customer service yangmenginformasikan sebenarnya garansi asli dari toko telah
habis di bulan Juni 2014. What, itu kan urusan toko dengan Lenovo. Sedang
barang saya beli di bulan Oktober. Namun ternyata tidak jadi masalah, oleh
Lenovo garansi dapat disesuaikan dengan waktu pembelian.
Kemudian diperiksa juga kondisi body TAB apakah ada tanda2x
benturan yang mengakibatkankerusakan layar. Ya silakan saja dipelototin Tab
saya, ujung-ujungnya cuma ditemukan 2 scracth kuku di body belakang yang pasti
karena awal-awalnya saya belum beli cover tab. TAB diterima dan dijanjikan
segera diproses mengenai approval garansi
dan pemesanan part. Estimasi waktu perbaikan adalah 2 minggu
Senin 30 Juni 2014
Saya telpon untuk follow up reparasi diinfokan garansi telah
diapproval dan masiih meunggu part layar yang dikirim dari Jakarta. Kurang
lebih 3-4 hari sebelum part datang.
Rabu 02 Juli 2014
Dihubungi oleh teknisi
yang menginformasikan terpaksa data-data telah hilang karena setelah layar LCD
yang baru dipasang, motherboard hang/problem. Sehingga perlu didatangkan/diganti
part motherboard baru, dari jakarta. Pasrah deh sudah nasib resiko reparasi.
Untungnya list app telah terbackup Google Playstore, meski nanti harus
download/install ulang. Entah memang MB
telah bermasalah sehingga menyebabkan kerusakan layar sebelumnya. Menurut
teknisi ketika LCD baru dihubungkan ke power MB ternyata TAB tidka bisa
menyala. Haha… jadinya total replacement namanya.
Sabu 05 Juli 2014
Dapat SMS dari service centre klo perbaikan ssudah selesai.
Kok cepet juga. Telpon service centre
mau ambil ternyata tutup. Terpaksa Senin
Senin 07 Juli 2014
Pagi-pagi ambil A1000. Beneran sudah selesai dan bisa diambil, Free of charge karena masih
garansi. Unit disimpan dalam box plastik. Menurut customer service kerusakan
malah di unit sensor touch-nya. Entahlah yang bener yang mana. Yang jelas
ketika dinyalakan sekarang sudah gakbergaris lagi. Liat ke Serial number di About
memang berubah, sepertinya ada penggantian MB. Liat kapasitas Internal Storage
sudah direpartisi dengan OTA firmware terbaru. Sekarang jadi 1.5GB dan 1GB utk
USB STORAGE. Kemudian bawa ke rumah, tested install APK, running aplikasi,
Internet dll so far fine2x saja.
Kesimpulan :
Kerusakan barang elektronis tak terduga bisa terjadi di merk apapun
bahkan di merk yang mungkin sudah kita pikir lebih baik dibandingkan produk
lainnya. Tapi yang perlu kita pertimbangkan adalah kualitas jaringan service
centrenya. Apakah tersedia dan dengan mudah melayani apabila ada kerusakan. Merk yangbaik tentunya dengan cepat akan membangun jairngan service mereka untuk lebih dekat dan tepat sasaran ke kustomernya. Dalam hal komunikasi antara customer service maupun teknisi apakah bisa mudah
dihubungi oleh kustomer. Saya pribadi
merasa cukup puas dengan pelayanan perbaikan yang dilakukan Authorizes Service
Centre Lenovo ini. Dengan mengirim SMS
ke 081-2104-0001 dengan format : SPKB SVB-xx-xxxxx dimana xx-xxxxx nomor tanda
terima/SPK Pengerjaan maka kita bisa mengcheck progress perbaikan Lenovo kita.